Video Terkini

Polling Website

Apa Merk Laptop anda ?

Artikel Terakhir

Calendar

« Jun 2018 »
M S S R K J S
27 28 29 30 31 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
1 2 3 4 5 6 7

Statistik Website

mod_mod_visitcounterVisitors Online42
mod_mod_visitcounterHits1860073
mod_mod_visitcounterToday3721
mod_mod_visitcounterYesterday3953
mod_mod_visitcounterThis week19495
mod_mod_visitcounterThis month59486
mod_mod_visitcounterAll days1359039

KO2PI akan gelar Workshop Penulisan Paper di Universitas Narotama

KO2PI akan gelar Workshop Penulisan Paper di Universitas NarotamaKO2PI akan gelar Workshop Penulisan Paper di Universitas Narotama

Komunitas Kolaborasi Publikasi Indonesia (KO2PI) dalam waktu dekat ini akan menggelar Workshop on Multidisciplinary and Its Applications (WMA) di kota Medan dan Surabaya.

Muhammad Ikhsan Setiawan menuturkan bahwa kegiatan Workshop on Multidisciplinary and Its Applications yang di kota Medan akan digelar pada hari Sabtu ini, 16 Desember 2017 bertempat di Kampus STMIK Budi Darma Medan.

“Sementara kegiatan yang di Surabaya akan dilaksanakan tanggal 20 Desember 2017 di Kampus Universitas Narotama, Jalan Arief Rachman Hakim 51, Surabaya,” kata Ikhsan, Senin (11/12/17) di Kampus Universitas Narotama.

Target dari workshop (WMA) ini nantinya akan dipublikasikan pada prosiding bereputasi dengan Publisher Internasional SCITEPRESS.

Seluruh peserta pada workshop ini nantinya akan dibantu dan dibimbing guna memenuhi standar publikasi paper internasional, “mulai penyesuaian templates, citations, similarity dan plagiarism check,” ucap Ikhsan.

”Lebih lanjut Ikhsan mengatakan kegiatan workshop setiap peserta dikenai biaya 1.5 juta sudah termasuk biaya paper yang akan dipublish ke Publisher Internasional SCITEPRESS,” imbuhnya.

Narasumber pada workshop ini adalah Wahyu Mulyo Utomo, PhD dengan materi Writing a Research paper to reputable International Indexed Journal, Muhammad Ikhsan Setiawan dengan materi Collaboration, Write and publish Research Paper together, Agus Sukoco dengan materi Citations Management using Mendeley dan Dr Sri Wiwoho Mudjanarko dengan materi Research Funding and International Publication.

“Untuk saat ini, Peserta yang sudah terdaftar ada dari berbagai daerah di Indonesia mulai Aceh, Palembang, Jombang, Malang, Nganjuk dan Surabaya dan perlu diketahui bahwa Peserta workshop ini dibatasi agar kualitas paper publikasi internasional nantinya bermutu dan terpublikasi tepat waktu,” sambung Ikhsan.

Ditambahkan Ansari Saleh Ahmar MSc bahwa KO2PI merupakan suatu komunitas yang dibentuk dengan tujuan untuk membantu dosen dan peneliti di Indonesia agar bisa mempublikasikan papernya di publikasi Internasional terindex Scopus/Thomson Reuters.

“Untuk tahap awal, KO2PI membentuk suatu workshop penulisan paper dengan nama kegiatan Workshop on Multidisciplinary and Its Application (WMA) untuk informasinya dapat dilihat pada website kami http://ko2pi.org,” ucap Ansari yang juga Ketua dari KO2PI.

Untuk tahap pertama, KO2PI mengadakan dua kegiatan workshop di tahun 2017 yaitu Medan dan Surabaya, sedangkan di tahun 2018, KO2PI akan mengadakan 2nd WMA yang akan dilaksanakan di berbagai kota di Indonesia, diantaranya di Aceh, Padang, Jakarta, Jogjakarta, dan Samarinda.

Dan kegiatan yang akan kami laksanakan ini sangat mendapat respon positif dari dosen-dosen dan peneliti di beberapa daerah “bahkan banyak daerah yang telah melakukan permintaan ke kami agar kegiatan WMA ini juga dapat dilaksanakan di daerahnya, seperti Solo, Ambon, Mataram, dan Makassar,” tuturnya.

Yang jelas untuk menjaga kualitas dari paper yang akan di workshopkan, pihak KO2PI melakukan beberapa tahapan. Pertama, paper yang telah disubmit ke panitia WMA terlebih dahulu dilakukan pengecekan kemiripan (similarity).

“Hasil pengecekan ini kemudian disampaikan ke setiap peserta dan pembahasan similarity ini akan dibahas dalam workshop nantinya, dimana akan ada pembahasan mengenai cara parafrase kalimat agar tidak terdeteksi similarity,” pungkas Ansari.

Selain itu, pelatihan mengenai sitasi dan referensi manager pun akan dijelaskan di WMA ini, agar nantinya saat terjadi perubahan model referensi dari publisher, maka penulis tidak perlu lagi mengubah dan mengatur ulang secara manual sitasi dan reference nya tapi hanya tinggal memilih style reference saja.

Dan ditahap akhir, “peserta akan menghasilkan suatu paper yang berkualitas dengan melalui proses asistensi review dan hasil akhir ini kemudian akan dilakukan proses pengecekan similarity ulang sebelum dikirim ke publisher,” tutupnya.

Sumber : http://ko2pi.org/ko2pi-akan-gelar-workshop-penulisan-paper-di-universitas-narotama/

Berita Terkait : KO2PI